• Sabtu, 10 Desember 2022

Termotivasi Program Yess, Pemuda Tulungagung Sukses Memelihara Kambing Jawa Randu

- Jumat, 18 November 2022 | 19:09 WIB
Sukses Memelihara Kambing Jawa Randu
Sukses Memelihara Kambing Jawa Randu

Walinusantara.com - Tulungagung,18 November 2022, Nova seorang pemuda yang mengawali usaha dari nol terjun dengan usaha memelihara kambing Jawa randu.

Nova mulai menggeluti usaha memelihara kambing randu Jawa ini mulai dari nol. Pemuda ini tinggal di Desa Kasreman Kecamatan Pakel Babupaten Tulungagung.

Nova termotivasi oleh program dari Kementerian Pertanian. Menteri Pertanian menyampaikan bahwa Kementan selalu memfasilitasi generasi milenial untuk bisa terjun menjadi wirausaha pertanian. Hal ini menjadikan Nova termotivasi untuk berwirausaha.

Baca Juga: Desa Sungai Belida Kabupaten OKI,Tempat Seorang Ahmad Ridwan Dibesarkan Oleh Kedua Orang Tuanya.

"Kita fasilitasi mereka. Kita punya teknologi, kita punya bantuan alsintan, bibit gratis bahkan lakukan pendampingan. Sekarang pemuda tani tercatat hingga saat ini mencapai 500 ribu dan jika itu bergerak bersama, maka tidaklah mustahil produksi bisa meningkat dan menjadi lumbung pangan dunia 2045." Pesan Amran.

Salah satu upaya memfasilitasi kreativitas generasi milenial untuk berkarya dan berwirausaha di sektor pertanian adalah Youth Enterpreneurship and Employment Support Services (YESS) yang dibiayai oleh International Fund for Agricultural Development (IFAD).

Tak kurang dari  55,3 juta dollar AS digelontorkan IFAD untuk program selama 6 tahun program berjalan (2019-2025).

Baca Juga: Hari Jadi Tulungagung Ke-817 di Hadiri Oleh Miss Universe asal Swiss

"Pertanian di seluruh dunia menghadapi permasalahan yang sama, yaitu semakin kurangnya petani muda yang mau turun di sektor pertanian. Tetapi sekarang, dengan kemudahan teknologi, dan daya kreativitas yang tinggi dari generasi milenial, peluang menjadi wirausaha sektor pertanian terbuka lebar." tutur Manager IFAD Program YESS, Nicholas Syed.

Halaman:

Editor: AWP

Tags

Artikel Terkait

Terkini

Kepulauan Solomon di Guncang Gempa M7,0, Potensi Tsunami

Selasa, 22 November 2022 | 21:09 WIB
X